Jumat, 30 Desember 2011

Kiat-kiat mengoptimalkan larangan dan perintah Allah

Kalau kita ambil contoh apa yang dilarang dalam islam, kita akan dapatkan kemaslahatan kepada individu dan masyarakat. Semua larangan untuk melindungi hubungan antara Tuhan dengan hambanya, antara manusia pada dirinya. Maka Dan antara sesama manusia itu sendiri. Coba kita ambil beberapa contoh untuk menjelaskan hal ini :
Islam melarang menyekutukan Allah dan beribadah kepada selain Allah, yang mana beribadah kepda selain Allah akan berakibat kehidupan yang sengsara. Melarang mendatangi dukun, tukang ramal, dan melarang membenarkan ucapannya. Melarang sihir yang memisahkan atau menyatukan dua insan. Melarang berkeyakinan bahwa bintang-bintang dan galaksi di langit mempengaruhi kehidupan manusia. Larangan mencela waktu, karena Allah yang mengaturnya. Begitu juga melarang ramalan dari perilaku binatang dan pesimis. Melarang membatalkan amalan, ketika dia beramal karena ingin dilihat, didengar atau ingin mendapatkan sanjungan. Melarang merunduk dan bersujud kepada selain Allah, begitu juga tidak boleh ikut duduk besama orang-orang munafiq atau fasik Cuma karena alasan biar pendekatan kepadanya. Melarang saling melaknat dengan laknat Allah, dengan kemarah-Nya atau dengan Api.
Melarang kencing di air yang tidak mengalir, membuang hajat di tengah jalan, di tempat naungan orang, di tempat aliran sungai, begitu juga melarang menghadap kiblat atau membelakangi ketika kencing atau buang air besar. Melarang memegang kemaluannya dengan kanan kanan ketika kencing, melarang memberikan salam ketika buang hajat, melarang orang yang baru bangun memasukkan tangannya ke dalam bejana sampai dia mencucinya. Melarang melakukan shalat sunnah waktu matahari terbit, ketika tengah hari, dan waktu terbenam, karena waktu tebit dan terbenam itu diantara dua tanduk syetan. Larangan melakukan shalat ketika makanan sudah disiapkan dan ingin sekali untuk makan, melarang ketika shalat menahan kencing, buang air besar dan buang angin ( kentut ), karena kesemuanya itu akan mengganggu orang yang shalat dan menghilangkan akan kekhusyu’an yang diinginkan.
Melarang mengeraskan suara ketika shalat sampai mengganggu orang lain, melarang meneruskan shalat malam dikala mengantuk, bahkan hendaklah dia tidur kemudian dilanjutkan lagi. Begitu juga dilarang melaksanakan qiyamul lail semalam suntuk apalagi dia sebagai pengikut. Dilarang membatalkan shalat dikala ragu-ragu sampai dia mendengar suara atau mencium bau ( kentut ).
Melarang jual beli dan mengumumkan barang hilang di masjid karena ia merupakan tempat ibadah dan dzikir kepada Allah, maka tidak layak untuk masalah-masalah duniawi di dalamnya. Larangan berjalan cepat ketika sudah dimulai shalat, bahkan berjalan dengan tenang. Larangan untuk bermegah-megahan dengan menghiasi berbagai macam corak warna merah, kuning atau berbagai macam aksesioris dalam masjid yang bisa mengganggu orang-orang yang sedang shalat. Larangan puasa wisol ( terus menyambung ) tanpa henti, begitu juga larangan istri puasa sunnah sementara suaminya ada melainkan dengan seizing suaminya.
Larangan dalam kuburan dengan membangun diatasnya, meninggikan kuburan, duduk diatasnya, berjalan diantaranya dengan memakai sandal, memberi penerangan, menulis di nisan, membongkarnya dan menjadikan kuburan sebagai masjid. Larangan niyahah (meratapi kematian) menyobek baju dan membentangkan rambut Karena kematian seseorang, melarang mengikuti ahli jahiliyah. Kalau Cuma sekedar memberitahu akan kematian seseorang maka hal itu tidak mengapa.
Dan larangan makan riba dan semua bentuk perniagaan yang mengandung unsur ketidak jelasan, kebohongan dan tipu daya. Melarang menjual darah, minuman keras, babi, patung dan semua yang diharamkan oleh Allah, maka jual belinya juga diharamkan. Melarang najsy yaitu orang yang menambah harga barang tanpa ada maksud untuk membelinya seperti yang sering terjadi pada lelang barang. Melarang menyembunyikan aib barang ketika menjualnya, menjual barang yang bukan menjadi miliknya, menjual barang yang belum ada di tangan, melarang menjual, membeli atau menawar apa yang telah dilakukan oleh saudaranya. Melarang menjual buah-buahan sebelum masak sehingga selamat dari kerugian, larangan mengurangi takaran dan timbangan, menyimpan barang, melarang patner tanah, kelapa atau yang sejenisnya untuk menjual bagiannya sebelum diberitahukan kepada patner lainnya, memakan harta anak yatim dengan kedholiman, menjauhi hasil undian nasib, judi, ghasb memakai barang tanpa izin, larangan memberi dan mengambil suap, menyita harta orang lain, memakan harta dengan batil, begitu juga mengambilnya untuk dimusnakan, larangan mengurangi hutangnya pada orang-orang, larangan menyimpan barang temuan, atau mengambilnya kecuali untuk diumumkannya, larangan menipu dengan segala macam bentuknya, larangan berhutang dengan niatan tidak ingin mengembalikannya, larangan mengambil harta saudara sesama muslim kecuali dengan kerelaan, dan apa-apa yang diambil dengan perasaan malu maka hal tersebut haram, larangan mengambil hadiah agar mendapatkan syafaat ( bantuan ),  
Dengan menyadari dan menyelami makna dibalik sebuah perintah dan larangan yang datangnya dari Allah Swt, maka kita dapat melaksanakan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang tersebut secara holistik. Sehingga pelaksanaan ibadah tersebut dilakukan atas dasar kerelaan hamba. Membuka hati akan ikhlas beribadah kepada Allah, kemudian mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan suatu ibadah, baik dari segi kaifiyyah maupun hikmah dibalik pensyari’atannya akan semakin memperkokoh keyakinan hamba dalam beribadah kepada Allah Azza Wa jalla.

Senin, 12 Desember 2011

Curug Jodo - Subang Jawa Barat

Curug Jodo berada dalam satu kawasan dengan objek wisata Sari Ater Subang yang terletak di lereng Guniung Tangkuban Perahu pada ketinggian 1100 m di atas permukaan laut (dpl) dengan suhu berkisar 16-20 derajat Celcius.

Curug Jodo ini sering digunakan untuk acara ritual tahunan di bulan puasa berupa munggahan dengan membersihkan diri berupa mandi bersama. Selain itu curug ini sering dianggap berkah untuk mendapatkan pasangan hidup sesuai dengan namanya, dengan mandi di pancuran air terjun atau berenang di aliran airnya.

 

Legenda

Curug Jodo berasal dari legenda Dayang Sumbi dan Sangkuriang, dimana setelah bertahun-tahun mengembara sendirian, tiba-tiba Sangkuriang bertemu dengan seorang wanita muda yang cantik di dekat air terjun, di Curug Jodo, dan jatuh cinta.

karena mengetahui sangkuriang adalah putranya yang dahulu diusir
Sekali waktu, setengah-dongeng indah-setengah manusia Dayang Sumbi meminta putranya, Sangkuriang, untuk berburu makanan mereka. Dia mengambil anjingnya Tumang, yang sebenarnya fater nya.
Namun, perburuan tidak berhasil dan, takut untuk marah ibunya, Sangkuriang membunuh Tumang dan membawa ibunya daging.  Dayang Sumbi yang ditemukan di mana daging berasal dari dan di marah, dia memukul dahinya putra, menyebabkan luka dalam, dan mengusirnya.

Duduk dengan kepala Sangkuriang di tengah-tengah pangkuannya pemandangan indah dari istana yang sekarang Gunung Cinta, wanita itu mendengarkan
Sangkuriang menyatakan cinta-Nya.
Dia mengulurkan tangan untuk menyeka rambut pria muda itu dan menemukan bekas luka dalam. Saat itulah dia, Dayang Sumbi, yang tidak pernah tua dan menyimpan penampilan muda, menyadari bahwa ia telah jatuh cinta dengan anaknya sendiri.
Dayang Sumbi kemudian mencoba untuk mengelabui dia ke pergi dengan memberinya tugas-tugas mustahil. Dia memintanya untuk membangun sebuah perahu besar semalam.  pahlawan yang ditetapkan untuk bekerja langsung dan sebelum fajar perahu mulai mengambil bentuk.

Ada Piramida di Gunung Sadahurip?

RIRIN NF/"PRLM"

GUNUNG Sadahurip di sebelah timur Kampung Cicapar, Desa Sukahurip Kecamatan Pangatikan Garut, dan sebelah barat Kampung Sindang Galih Desa Sindang Galih Kecamatan Karangtengah.*

GARUT, (PRLM).- Berbentuk mengerucut mirip piramida, Gunung Sadahurip yang dapat ditempuh melalui Desa Sukahurip Kec. Pangatikan Kab. Garut, banyak didatangi peneliti dalam maupun luar negeri.

Gunung tersebut dikenal warga sebagai gunung keramat dan digunakan sebagai tempat bercocok tanam untuk kehidupan masyarakat sehari-hari.
Letak Gunung Sadahurip di sebelah timur Kampung Cicapar, Desa Sukahurip Kecamatan Pangatikan Garut, dan sebelah barat Kampung Sindang Galih Desa Sindang Galih Kecamatan Karangtengah. Gunung tersebut juga dikenal dengan sebutan gunung Putri yang memiliki bentuk piramida dengan empat sisi dan sudut lancip yang terbentuk jelas.
Menurut Sekertaris Desa Sukahurip Sarif Hidayat, Gunung Sadahurip tersebut sudah berkali-kali diteliti, namun belum ada paparan terkait hasil penelitian berupa peninggalan bersejarah. “Sudah berbagai pihak yang datang untuk meneliti, termasuk dari tim luar negeri. Tapi, belum tahu hasilnya,” ujarnya.
Penelitian Gunung Sadahurip yang bentuknya terlihat mengerucut atau seperti Piramida dari daerah manapun, sudah mulai diteliti sejak tahun 2008. Sekitar sebulan lalu, tim peneliti dari LIPI selama lima hari namun pihak desa belum mendapatkan hasil laporan dari penelitian tersebut. Tim peneliti dari Jakarta juga sempat datang untuk meneliti lempengan gunung tersebut meski belum diketahui hasilnya.
Pada bagian puncak gunung kini terdapat dua lubang tanah menganga kedalaman dua meter dengan diameter 1,5 meter yang digali oleh para peneliti. “Kami tidak tahu untuk apa lubang tanah tersebut,” ujarnya.
Disebutkan, Gunung Sadahurip yang menyerupai piramida tersebut sudah dilakukan uji geolistrik dan uji karbon oleh BPPT dan PVMBG. Di dalam bukit diyakini terdapat batuan piramida dengan susunan tanah penutup setebal 5 meter dan tertutup batuan. Batu penyusun didalamnya terlihat berongga, mempunyai 4 sisi dan 4 sudut bujursangkar. Karena mirip piramida, ujung atas gunung sangat lancip.
Gunung Sadahurip pernah diteliti Komunitas Turangga Seta, bersamaan dengan penelitian di Gunung Lalakon di Kab. Bandung. Salah satu tim sejarah Komunitas Turangga Seta Dani Subrata, mengatakan, semula penelitian terkait piramida di Sadahurip sudah sempat ilakukan oleh pihaknya.
“Kalau untuk Lalakon, kami sudah akan mulai gali sambil menunggu izin dari Pemkab Bandung. Sedangkan, Sadahurip kami lepas karena ada tim dari Staff Khusus Kepresidenan RI yang ingin meneliti lebih lanjut,” katanya.
Dari petunjuk dan koordinat yang dimiliki Komunitas Turangga Seta, lanjut Dani, diyakini pada perut Gunung Sadahurip terdapat piramida. “Tidak perlu ada penelitian ilmiah juga kami sudah bisa pastikan Gunung Sadahurip itu piramida. Tapi, kami disuruh melepasnya,” ucapnya.
Dengan membuktikan kehadiran piramida di Indonesia, menurut Dani, maka dapat mencatat sejarah baru dalam kehiduopan. “Adanya piramida di nusantara menunjukkan bangsa Indonesia sebagai awalnya dunia,” ujarnya.

GUNUNG PIRAMIDA DI JAWA BARAT

Sekitar Gunung Sadahurip yang disebut sebagai Gunung “Piramida” diduga terdapat peninggalan bersejarah di kawasan Kecamatan Pangatikan dan Karangtengah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tidak pernah ditemukan situs sebagai indikator membuktikan telah terjadi peradaban manusia massa lampau.
“Kalau ada situs saja itu bisa dikembangkan tapi sampai sekarang belum pernah ditemukan situs-situs bersejarah,” kata Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut, Warjita kepada wartawan, Rabu.
Apabila ditemukan situs atau peninggalan bersejarah atau benda lainnya yang digunakan orang terdahulu, Disbudpar Kabupaten Garut tentu akan berupaya untuk mengembangkannya, katanya.
Ia mencontohkan seperti menemukan prasasti, batu lumpang atau benda kerajaan tentu daerah tersebut pernah ada kehidupan manusia zaman kerajaan atau zaman prasejarah.
“Kalau di Gunung Sadahurip itu ditemukan situs atau prasasti atau benda bersejarah lainnya, pasti disana itu ada unsur budaya,” katanya.
Namun dugaan di Gunung Sadahurip yang dikabarkan oleh peneliti terdapat bangunan mirip Piramida seperti di Mesir,  Dibudpar Kabupaten Garut belum mengetahuinya, katanya.
Sementara sejumlah tim peneliti yang dikabarkan masyarakat setempat pernah melakukan penelitian di Gunung Sadahurip, Disbudpar tidak pernah mendapatkan laporan atau koordinasi dalam melakukan penelitian.
“Tidak ada peneliti khusus yang berkoordinasi dengan kami (Disbudpar) kalau memang ada dari Arkeolog Bandung itu selalu koordinasi, tapi kalau peneliti lain, kami tidak tahu,” katanya.
Sementara itu ia berharap tim peneliti yang sudah melakukan penelitian di Gunung Sadahurip dan menyatakan ada bangunan piramid yang terkubur di gunung tersebut sebaiknya memberitahukan terlebih dahulu kepada Disbudpar Kabupaten Garut. “Saya tidak tahu, dari peneliti mana, saya tahu dari para jurnalis,” katanya.
Sementara itu Kepala Dusun Cicaparpasir, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamatikan atau sekitar kaki Gunung Sadahurip, Nahrudin membenarkan disekitar gunung tidak pernah ditemukan situs peninggalan bersejarah.
Namun di kawasan Gunung tersebut,  dipercaya warga terdapat unsur mistis yang kuat, seperti keberadaan makam di sekitar puncak gunung yang dikeramatkan warga terkadang dapat dilihat oleh orang tertentu.
“Disana di gunung itu ada makam tapi seperti yang saya bilang tadi kadang terlihat kadang tidak, hanya bisa dilihat oleh orang tertentu secara kebetulan saja,” katanya.
Namun di Desa Sukahurip jauh dari kawasan puncak Gunung Sadahurip,  terdapat makam keramat bernama Kiancandra atau sering disebut warga mbah Dalem.
“Sejarahnya bagaimana tentang makam keramat yang ada disini, para orang terdahulu tidak mau menjelaskannya, tapi katanya ada sejarahnya tertulis di Pamijahan (wisata religi di Kabupaten Tasikmalaya),” jelas Nahrudin yang dibenarkan sejumlah aparat Desa Sukahurip.


Sumber : Kompas

Minggu, 11 Desember 2011

Arti ayah d kehidupan mu

Bagi seseorang yang sudah dewasa, yang sedang jauh dari orang tua, akan merasa sering kangen dengan mamahnya.
Bagaimana dengan ayah ?

Mungkin karena Mamah sering nelpon untuk menanyakan keadaan mu.
Tapi tahukah kamu?
Jika ternyata Ayah lah yang mengingatkan Mamah untuk menelpon mu?

Saat kecil,
Mamah lah yang sering mendongeng.
Tapi tahukah kamu bahwa sepulang Ayah bekerja dengan wajah lelah beliau slalu menanyakan pada Mamah, apa yang kamu lakukan seharian.

Saat kamu sakit batuk/pilek,
Ayah kadang membentak
"Sudah dibilang jangan minum es!"
Tapi tahukah kamu bahwa Ayah khawatir?

Ketika kamu remaja,
kamu menuntut untuk dapat izin keluar malam.
Ayah dengan tegas berkata "Tidak boleh!!"

Sadarkah kamu bahwa Ayah hanya ingin menjagamu?

Karena bagi Ayah, kamu adalah sesuatu yang sangat berharga.

Saat kamu bisa lebih dipercaya,
Ayah pun melonggarkan peraturannya.

Kamu akan memaksa untuk melanggar jam malamnya.

Maka yang dilakukan Ayah adalah menunggu di ruang tamu dengan sangat khawatir.

Ketika kamu dewasa, harus kuliah di kota lain.
Ayah harus melepasmu.
Tahukah kamu bahwa badan Ayah terasa kaku untuk memelukmu?

Dan Ayah sangat ingin menangis disaat kamu memerlukan ini-itu, untuk keperluan kuliahmu, ayah hanya mengernyitkan dahi. Tapi tanpa menolak, beliau memenuhinya.

Saat kamu wisuda, Ayah adalah orang pertama yang berdiri dan bertepuk tangan untuk mu.
Ayah akan tersenyum dan bangga.

Sampai ketika teman pasangan mu datang untuk meminta izin mengambilmu dari Ayah,
Ayah akan sangat berhati-hati dalam memberi izin

Dan akhirnya ......
Saat Ayah melihatmu duduk dipelaminan bersama seseorang yang dianggapnya pantas,
Ayah pun tersenyum bahagia

Apa kamu tahu,
bahwa Ayah sempat pergi ke belakang dan menangis?

Ayah menangis karena Ayah sangat bahagia.

Semoga putra/putri kecilku yang manis berbahagia bersama pasangannya.

Setelah itu Ayah hanya bisa menunggu kedatanganmu bersama cucu-cucunya yang sesekali datang untuk menjenguk

Dengan rambut yang memutih dan badan yang tak lagi kuat untuk menjagamu


"LOVE AYAH.............

Selasa, 06 Desember 2011

Kim Hyung Jung

Kim Hyun Joon as Hi Ju
Nama asli : Gim Hyeon Jung
Profesi : Aktor dan Penyanyi(SS501)
Tgl.Lahir : 6 Juni 1986
Tinggi/BB : 180cm/68kg
Gol.Darah : B
Zodiak : Gemini
Pendidikan : Universitas Kyonggi
Hobi : Main gitar,piano dan Menari
Drama Televisi : Boys Before Flowers (KBS2,2008)
Spotlight (MBC,2008)
Hotelier (TV Asashi,2007,ep.7)
Can Love Be Refilled (KBS2,2005
Nonstop 5 (MBC,2005,ep.208)
Penghargaan : The 45th Baeksang Arts Award
Popularity Award(Male)Boys Before Flowers 2008

Senin, 05 Desember 2011

3 Cara Menghindari Rasa Cemburu Buta


Rasa cemburu bisa menjadi 'bumbu' agar suatu hubungan cinta berjalan lebih menarik. Namun jika berlebihan, cemburu malah menjadi duri. Yuk kita atasi.

Cemburu tanpa kontrol alias cemburu buta seringkali membuat stabilitas hubungan Anda terganggu. Kepercayaan terhadap pasangan menjadi hilang dan membuat hubungan menjadi berantakan.

Berikut beberapa cara mengatasi rasa cemburu seperti dikutip dari Genius Beauty.

1. Ungkapkan perasaan Anda
Ketimbang suntuk dan memendam emosi serta kemarahan, lebih baik utarakan perasaan Anda pada pasangan. Hal ini juga bisa membuka jalan bagi Anda dan pasangan untuk berkomunikasi mengenai masalah yang ada. Siapa tahu, Anda dan dia dapat mengatasi masalah ini bersama.

2. Positif thinking
Menghilangkan rasa cemburu salah satunya adalah dengan berpikir positif. Hilangkan prasangka terhadap pasangan. Tak perlu lagi memeriksa telepon atau buku agendanya. Yakinkan pada diri sendiri, bahwa hanya Anda wanita yang ada di hati pasangan. Saat Anda berpikir positif, pikiran pun menjadi lebih jernih. Anda bisa melihat kebaikan dan rasa sayang pasangan yang utuh, tanpa diganggu oleh prasangka yang buruk.

3. Kenali diri Anda
Kecemburuan yang berebihan biasanya diakibatkan karena trauma masa lalu. Pengalaman buruk yang masih menghantui akan mengakibatkan emosi Anda tidak stabil, dan berakibat buruk pada hubungan yang baru. Jika memang pasangan Anda pernah melakukan kesalahan, dan Anda memutuskan untuk memaafkannya. Jangan sampai kesalahan itu terus mempengaruhi. Jika Anda tetap melakukannya, hubungan yang dijalani malah terasa lebih buruk dari sebelumnya.

Cita Rasa Chocodot Oleh-Oleh Asli Garut

Membicarakan oleh-oleh asli Garut pastinya setiap orang langsung teringat dengan produk dodolnya yang digemari para wisatawan lokal maupun internasional. Peluang inilah yang dimanfaatkan dengan baik oleh Kiki Gumelar (31) dengan membuat kreasi makanan unik yang memanfaatkan aneka rasa dodol asli Garut sebagai bahan  baku utamanya.

cokelat unik 200x131 Cita Rasa Chocodot Oleh Oleh Asli GarutJika pelaku usaha lainnya mencoba menginovasikan produk dodol Garut dengan menciptakan varian rasa yang beraneka ragam, maka lain halnya dengan ide brilian yang diciptakan lelaki kelahiran 17 November 1980 ini. Kiki Gumelar mencoba keluar dari zona aman dan mengenalkan produk chocodot (cokelat isi dodol) sebagai salah satu inovasi unik oleh-oleh khas daerah Garut.
Di bawah bendera perusahaannya yang bernama Tama Chocolate, Kiki mengenalkan produk chocodot ke pasaran pada awal bulan Agustus tahun 2009. Produk tersebut merupakan salah satu karya unik yang sengaja diciptakannya untuk mengangkat potensi kuliner daerah Garut menjadi produk baru yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Info Produk


chocodot 200x150 Cita Rasa Chocodot Oleh Oleh Asli GarutPada dasarnya pembuatan chocodot sangatlah sederhana, ada tiga jenis cokelat yang digunakan yaitu dark chocholate, white chocolate, dan milk chocolate. Setelah cokelat batangan tersebut dilelehkan, lalu dicetak kembali dan bagian tengahnya diisi dengan dodol aneka rasa (misalnya dodol keju, dodol cokelat, atau dodol buah-buahan seperti jeruk, sirsak, duren, dll). Kemudian campuran cokelat dan dodol didinginkan dengan suhu dibawah 40º C, hingga keduanya saling menyatu. Cita rasa cokelat yang manis dan tekstur dodol yang kenyal, menjadikan produk chocodot sebagai salah satu produk unggulan Tama Chocolate yang berhasil menembus pasar internasional, seperti Singapura, Malaysia, dan Australia.
Selain chocodot yang menjadi produk unggulan Tama Chocolate, Kiki juga memproduksi brodol alias brownies isi dodol, gagel atau Garut geulis cokelat yaitu cokelat dengan isi cream aneka buah yang dikemas dengan besek tradisional yang sangat unik, van java cokelat yang memberikan sensasi cokelat rasa rempah-rempah khas Jawa Barat (sebut saja rasa jahe, cabai, bandrek, bajigur, beras cikor, sekuteng, dan kacang), ada pula rangicok yaitu paduan antara kerupuk rangginang yang dicelup cokelat, serta tak ketinggalan pula cokelat dogar (cokelat domba garut) yang menggabungkan kreasi cokelat dengan produk inovasi abon daging dan abon ikan .
Dengan menggabungkan produk asli Garut dengan balutan cokelat yang digemari masyarakat di seluruh penjuru dunia, Kini omset ratusan juta rupiah bisa terkumpul setiap bulannya dari keempat outlet chocodot yang dimilikinya. Kiki berharap cita rasa chocodot oleh-oleh asli Garut ini bisa diterima seluruh kalangan masyarakat dan berhasil mengangkat kota Garut di mata dunia. Semoga ulasan informasi produk pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi inspirasi baru bagi para pemula yang sedang bingung mencari usaha. Gunakan kreativitas Anda secara optimal dan ciptakan produk unik lainnya yang digemari para konsumen. Salam sukses.

Minggu, 04 Desember 2011

JALAN HIDUP

Karya : Antony chandra


Terkadang ku termenung melihat masa lalu ku yang kelam

Apakah ini suratan takdirku?

Yang harus di takdirkan untuk menderita....

Aku tahu mungkin ini ujian yang Tuhan ijinkan terjadi kepadaku

Tapi apakah ujian ini harus selalu ada dan tak pernah selesai selesai???

Sampai kapan aku harus menjalani ini semua?

Apakah aku harus menunggu sampai aku menutup mata

Biar aku bisa melewati masalah ini dengan tuntas...

Bosan.... kesal.... sedih aku akan hidup ini....

Kadang ku teringat pepatah dahulu yang berkata

"Berakit rakit dahulu berenang renang ketepian

Bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian"

Apakah aku harus bersakit sakitan terus???

Sampai kapan?? Sampai kapan aku sembuh dari sakit ini?

Peranan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling

BAB I

PENDAHULUAN

Dalam suatu lembaga atau departemen maupun organisasi sudah barang tentu terdapat struktur kepengurusan. Sedangkan yang dibutuhkan dalam organisasi adalah personalia atau kepengurusan, dengan adanya struktur personalia atau kepengurusan dalam suatu kelompok kerjasama berarti telah menempatkan hubungan antara orang-orang dalam kewajiban dan hak serta tanggung jawabnya masing-masing.

Pelaksanaan pendidikan di sekolah terutama dikelola oleh pengurus yang ada. Sebagaimana telah kita ketahui bersama pengurus sekolah itu diantaranya Kepala Sekolah, Guru, Guru Penyuluh, Penilik dan pengurus-pengurus lain.

Di sekolah sebaiknya terlaksana program bimbingan dan konseling untuk menanggulangi dan memecahkan masalah yang ada di sekolah terutama masalah siswa.

Pada pokok bahasan ini akan diuraikan peran pengurus sekolah dalam program bimbingan dan konseling yang mempunyai banyak peranan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling, khususnya adalah bagi kepala sekolah.
BAB II
PEMBAHASAN

A.     Pengertian Kepala Sekolah
Kepala sekolah adalah pemimpin pendidikan yang mempunyai peran sangat besar dalam mengembangkan mutu pendidikan di sekolah. Berkembangnya semangat kerja, kerja sama yang harmonis, minat terhadap pendidikan, suasana kerja yang menyenangkan dan perkembangan mutu profesional di antara para guru banyak ditentukan oleh kualitas kepemimpinan kepala sekolah.
Kepala sekolah yang berhasil apabila mereka memahami keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan unik, serta mampu melaksanakan peranan kepala sekolah sebagai seorang yang diberi tanggung jawab untuk memimpin sekolah.. Keberhasilan kepala sekolah menunjukkan bahwa kepala sekolah adalah seorang yang menentukan titik pusat dan irama suatu sekolah.
Kedudukan kepala sekolah itu cukup sulit. Pada satu pihak, ia adalah seorang atasan. Akan tetapi, di pihak lain, ia adalah wakil guru - guru atau stafnya. Sebagai seorang atasan, ia mempunyai tanggung jawab sebagai tangan kanan atasan untuk membina sekolah, guru-guru, serta anggota staf yang lain. Adapun sebagai wakil guru – guru, ia harus mampu menerjemahkan aspirasi – aspirasi dan keinginan – keinginan mereka. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kedudukan kepala sekolah adalah “kedudukan tengah” antara atasan dan staf. Dalam kedudukan demikian,kepala sekolah mengemban sekolah secara terus – menerus sesuai dengan perkembangan dan tantangan zaman.

B.     Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah
Kepala Sekolah mempunyai tugas pokok mengelola penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Secara lebih operasional tugas pokok kepala sekolah mencakup kegiatan menggali dan mendayagunakan seluruh sumber daya sekolah secara terpadu dalam kerangka pencapaian tujuan sekolah secara efektif dan efisien.
Adapun fungsi kepala sekolah adalah sebagai :
1.      Pendidik (Educator)
Sebagai pendidik, kepala sekolah melaksanakan kegiatan perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi pembelajaran. Kegiatan perencanaan menuntut kapabilitas dalam menyusun perangkat-perangkat pembelajaran; kegiatan pengelolaan mengharuskan kemampuan memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien; dan kegiatan mengevaluasi mencerminkan kapabilitas dalam memilih metode evaluasi yang tepat dan dalam memberikan tindak lanjut yang diperlukan terutama bagi perbaikan pembelajaran . Sebagai pendidik, kepala sekolah juga berfungsi membimbing siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya.
2.      Pemimpin (leader)
Sebagai pemimpin, kepala sekolah berfungsi menggerakkan semua potensi sekolah, khususnya tenaga guru dan tenaga kependidikan bagi pencapaian tujuan sekolah. Dalam upaya menggerakkan potensi tersebut, kepala sekolah dituntut menerapkan prinsip-prinsip dan metode-metode kepemimpinan yang sesuai dengan mengedepankan keteladanan, pemotivasian, dan pemberdayaan staf.
3.       Pengelola (manajer).
Sebagai pengelola, kepala sekolah secara operasional melaksanakan pengelolaan kurikulum, peserta didik, ketenagaan, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan sekolah-masyarakat, dan ketatausahaan sekolah. Semua kegiatan-kegiatan operasional tersebut dilakukan melalui oleh seperangkat prosedur kerja berikut: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Berdasarkan tantangan yang dihadapi sekolah, maka sebagai pemimpin, kepala sekolah melaksanakan pendekatan-pendekatan baru dalam rangka meningkatkan kapasitas sekolah.
4.       Administrator.
Dalam pengertian yang luas, kepala sekolah merupakan pengambil kebijakan tertinggi di sekolahnya. Sebagai pengambil kebijakan, kepala sekolah melakukan analisis lingkungan (politik, ekonomi, dan sosial-budaya) secara cermat dan menyusun strategi dalam melakukan perubahan dan perbaikan sekolahnya. Dalam pengertian yang sempit, kepala sekolah merupakan penanggung-jawab kegiatan administrasi ketatausahaan sekolah dalam mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
5.      Wirausahawan.
Sebagai wirausahawan, kepala sekolah berfungsi sebagai inspirator bagi munculnya ide-ide kreatif dan inovatif dalam mengelola sekolah. Ide-ide kreatif diperlukan terutama karena sekolah memiliki keterbatasan sumber daya keuangan dan pada saat yang sama memiliki kelebihan dari sisi potensi baik internal maupun lingkungan, terutama yang bersumber dari masyarakat maupun dari pemerintah setempat.
6.       Pencipta Iklim Kerja.
Sebagai pencipta iklim kerja, kepala sekolah berfungsi sebagai katalisator bagi meningkatnya semangat kerja guru. Kepala sekolah perlu mendorong guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam bekerja di bawah atmosfir kerja yang sehat. Atmosfir kerja yang sehat memberikan dorongan bagi semua staf untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan sekolah.
7.      Penyelia (Supervisor).
Berkaitan dengan fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin pengajaran, kepala sekolah berfungsi melakukan pembinaan professional kepada guru dan tenaga kependidikan. Untuk itu kepala sekolah melakukan kegiatan-kegiatan pemantauan atau observasi kelas, melakukan pertemuan-pertemuan guna memberikan pengarahan teknis kepada guru dan staf memberikan solusi bagi permasalahan pembelajaran yang dialami guru.

C.     Tanggung Jawab Kepala Sekolah
Kepala sekolah juga mempunyai tanggung jawab utama dalam program bimbingan dan konseling di sekolah, yaitu:
a.       Kepala sekolah mampu mengarahkan dan menambah pengetahuan bagi guru agar dapat lebih memahami keadan siswa.
Di sini kepala sekolah memimpin guru-guru untuk mengetahui sifat dan perkembangan siswa sebagai individu. Guru wajib mengetahui keadaan siswa, dalam kelas maupun di luar kelas. Diharapkan juga guru dapat mengadakan kontak dengan orang tua siswa.
b.      Kepala sekolah memperkenalkan kepada guru-guru cara menolong siswa mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang baik.
Di sini kepala sekolah mengarahkan guru-guru agar mengetahui kebutuhan-kebutuhan pokok siswa dalam perkembangan jiwanya dan tujuan pendidikan yang mendasar.
c.       Kepala sekolah, memimpin dalam penyelenggaraan program testing yang mengukur kemampuan, kepribadian, hasil belajar, bakat, minat dan sebagainya.
d.      Kepala sekolah melengkapi dan menyediakan kebutuhan staf bimbingan dan konseling. Dengan melalui penataran, latihan-latihan dan penambahan penetahuan bagi staf bimbingan dan konseling maupun guru-guru untuk menunjang pelaksanaan BK di sekolah.
e.       Mengadakan hubungan dengan lembaga-lembaga di luar sekolah.
Di sini kepala sekolah menjalin kerjasama yang baik dengan pihak lembaga lain, misalnya dokter, psikiater, dan sebagainya. Hal ini berkenaan untuk pelaksanaan rujukan dan pihak konselor sekolah apabila sekiranya masalah siswa lebih tepat dielesaikan oleh pihak-pihak di luar sekolah.
f.        Mengkoordinasi seluruh kegiatan pendidikan, yang meliputi kegiatan pengajaran, pelatihan dan bimbingan di sekolah, sehingga pelayanan pengajaran, latihan, dan bimbingan dan konseling merupakan suatu kesatuan yang terpadu, harmonis, dan dinamis.
g.       Menyediakan dan melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah.
h.       Memfasilitasi guru pembimbing/konselor untuk dapat mengembangkan kemampuan profesionalnya, melalui berbagai kegiatan pengembangan profesi.
i.         Melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program, penilaian dan upaya tidak lanjut pelayanan bimbingan dan konseling.
j.        Memimpin bawahannya dalam merencanakan dan menyelenggarakan administrasi program testing dan dalam mengolah serta mempergunakan hasilnya. Rencana kepala sekolah ini mencangkup penjelasan singkat mengenai arti, tujuan dan pentingnya program, aspek-aspek anak atau bakat-bakat yang perlu di test atau diukur, cara-cara kerja dalam mengatur testing dan pengolahan serta aplikasi hasil-hasil test tersebut.

D.    Peran Kepala Sekolah
Peran Kepala Sekolah dalam program bimbingan dan konseling disekolah
Keberhasilan penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah, tidak lepas dari peranan berbagai pihak di sekolah. Selain Guru Pembimbing atau Konselor sebagai pelaksana utama, penyelenggaraan Bimbingan dan konseling di sekolah, juga perlu melibatkan kepala sekolah, guru mata pelajaran dan wali kelas.
Menurut Akhmad Sudrajat kepala sekolah selaku penanggung jawab seluruh penyelenggaraan pendidikan di sekolah memegang peranan strategis dalam mengembangkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Secara garis besarnya, Prayitno memerinci peran, tugas dan tanggung jawab kepala sekolah dalam bimbingan dan konseling, sebagai berikut :
  • Mengkoordinir segenap kegiatan yang diprogramkan dan berlangsung di sekolah, sehingga pelayanan pengajaran, latihan, dan bimbingan dan konseling merupakan suatu kesatuan yang terpadu, harmonis, dan dinamis.
  • Menyediakan prasarana, tenaga, dan berbagai kemudahan bagi terlaksananya pelayanan bimbingan dan konseling yang efektif dan efisien.
  • Melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program, penilaian dan upaya tidak lanjut pelayanan bimbingan dan konseling.
  • Mempertanggungjawabkan pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah.
  • Memfasilitasi guru pembimbing/konselor untuk dapat mengembangkan kemampuan profesionalnya, melalui berbagai kegiatan pengembangan profesi.
  • Menyediakan fasilitas, kesempatan, dan dukungan dalam kegiatan kepengawasan yang dilakukan oleh Pengawas Sekolah Bidang BK.
  • Mengadakan hubungan dengan lembaga – lembaga di luar sekolah dalam rangka kerja sama pelaksanaan pelayanan bimbingan.


BAB III
PENUTUP

Dari penjelasan di atas dapat di ambil kesimpulan bahwasannya peran ataupun tugas kepala sekolah dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah adalah sebagai penanggung jawab kegiatan pendidikan secara menyeluruh. Kepala sekolah memegang peranan strategis dalam mengembangkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Struktur organisasi yang jelas akan dapat memberikan keterangan atau meknisme kerja dari organisasi tersebut. Dalam sebuah organisasi terdapat unsur-unsur yang mempunyai kekuatan yang berbeda-beda tergantung dari kedudukan masing-masing serta kekuasaan yang dimiliki.
Apabila tugas-tugas dari pengurus atau staf di sekolah khususnya kepala sekolah berjalan lancar maka proses bimbingan dan konseling dapat berjalan secara maksimal. Target-target yang ingin di capai terlaksana dengan baik sehingga layanan bimbingan dan konseling di sekolah dapat berkembang.
Demikian makalah yang dapat kami paparkan, kami yakin makalah ini jauh dari sempurna untuk itu kami harapkan kritik dan saran yang membangun dari anda. Terimakasih





DAFTAR PUSTAKA

§  Juntika Nurihsan, Ahmad, dkk. 2005. Manajemen Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasa. Jakarta: Grasindo.
§  http/: Blog hafrizani. Label: Diposkan oleh HAFRIZANI di 02:06 Bimbingan Konseling.
§  Prayitno, dkk. 2004. Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Depdiknas.
§  Salahudin, Anas. Bimbingan dan Konseling. Bandung : Pustaka Setia. 2009

Template by:
Free Blog Templates