Selasa, 25 Oktober 2011

ASM OKSIGEN


MEDIA PEMBELAJARAN
O K S I G E N

Hai… Nama lengkapku oksigen, tetapi orang-orang biasa memanggilku dengan panggilan O.  Aku tinggal di jalan periode 2 blok VI A no. 8. Aku anak pertama dari 5 bersaudara, saudara-saudaraku yaitu Sulfur, Selenium, Telurium dan Polonium. Aku memiliki tetangga yaitu Nitrogen dan Flour . Diantara saudara-saudaraku akulah yang paling menonjol, karena wujudku bebas berkeliaran. Aku bebas berkeliaran karena beratku sangat ringan jika dibandingkan dengan saudara-saudaraku yaitu 15,9944.
Aku merupakan nonlogam yang khas. Aku bisa membeku pada suhu -218,9C dan jangan panaskan aku melebihi -182,9C, karena aku akan mendidih pada suhu ini. Aku mempunyai bilangan oksidasi sebesar -2. Ketika aku akan melepaskan elektron pertama energi ionisasi yang aku butuhkan sebesar 1316 Kj/mol, jika aku akan melepaskan elektron lagi, energi yang aku butuhkan lebih besar yaitu 3397 Kj/mol. Dalam H2O aku dan saudara jauhku hydrogen berjarak 0,18 nm.
Pada suhu kamar aku tidak berwarnadan tidak pula berbau. Jika dalam air aku berwarna biru langit. Tetapi aku bukan penyebab warna biru pada langit. Aku ini tidak stabil dan jika aku ingin stabil aku harus mendapat donor elektron dari unsur lain. Kalian harus ingat bahwa aku adalah zat pengoksid yang paling kuat, maka jika kalian ingin mereduksi senyawa lain gunakanlah aku agar hasilnya maksimal.
            Di alam kalian akan menemukan aku dalam keadaan diatomik, O2. Sehingga aku merupakan unsur paling melimpah ketiga dialam semesta. Aku mengisi 20,9 % volume atmosfer bumi. Aku mulai berakumulasi pada atmosfer sekitar 2,5 miliar tahun yang lalu. Aku berada di atmosfer dalam bentuk lain yaitu berupa lapisan ozon O3 yang berfungsi untuk membantu melindungi biosfer dari radiasi ultraviolet.
Aku bisa dibuat secara komersial yaitu dengan cara destilasi bertingkat udara cair. Cara pembuatannya yaitu mula-mula udara disaring untuk menghilangkan debu. Lalu masukkan ke dalam kompesor. Pada kompresi ini suhu udara akan naik, kemudian didinginkan dalam pendingin. Udara dingin mengembang melalui celah, dan hasilnya adalah udara udara yang suhunya lebih dingin, cukup untuk menyebabkannya mencaior. Udara cair disaring untuk memisahkan CO2(s) dan air yang telah membeku. Kemudian udara cair itu memasuki bagian puncak kolom dimana nitrogen, komponen yang paling mudah menguap, keluar sebagai gas. Pada pertengahan kolom, gas argon keluar dan selanjutnya oksigen cair. Komponen yang paling sulit menguap akan terkumpul didasar. Berturut-turut titik didih normal nitrogen, argon,, dan oksigen adalah -195,8, -185,7, -183,0C.
Aku merupakan unsur yang sangat vital bagi makhluk hidup karena tanpa aku mereka tidak bisa hidup. Manusia dan hewan memanfaatkanku pada proses bernafas. Aku digunakan dalam produksi baja, plastic dan tekstil. Aku juga digunakan sebagai propelan roket untuk terapi oksigen dan sebagai penyokong kehidupan pada pesawat terbang, kapal selam, penerbangan luar angkasa dan penyelaman.
Apa kalian tau bahwa aku sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia? Contohnya pada saat kalian minum es merasa lebih segar karena dalam air es kandunganku lebih tinggi. Semakin tinggi suhu kelarutanku dalam air semakin rendah. Pada suhu 0°C kelarutanku dalam 100 gram air adalah 6.945 mg (69,45 ppm). Pada suhu 100°C, aku tidak lagi terlarut dalam air.
Terkadang kalian selalu mensalah artikan keberadaanku di udara. Diketinggian manapun kadarku tetap sama tidak berubah menurut ketinggian, yang berubah adalah ketebalan atau kepadatanku. Meski sanagt ringan, aku tetap mempunyai berat sehingga lapisanku dibawah akan mendapatkan tekanan dari bagian atas. Dengan begitu, kerapatanku didaerah permukaan laut lebih tinggi dibandingkan diatas pegunungan. Diketinggian 6.000 meter dari permukaan laut, tekanan udaraku hanya setengah dari permukaan laut. Jadi, walau kadarku di udara tetap sama, jumlah molekul yang bisa dihirup pada satu kali tarikan napas berkurang setengahnya. Eiiittsss…kalian harus ingat dalam ruangan tertutup seluan 3m2 aku mampu menyuplai kalian selama 5 jam. Jadi kalian harus berhati-hati karena kalian bisa mati lemas.
Ingat..!! aku adalah unsur yang sangat penting bagi kalian, maka jangan pernah kalian menebang pohon sembarangan dan seenaknya, karena mereka adalah salah satu produsenku.



0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates